Karir

Wanita Karir Justru Lebih Banyak Pengeluaran Loh! Simak Cara Mengelola Penghasilan Ini!

Menjadi seorang wanita karir bukan berarti keuangan akan aman-aman saja. Justru itu yang diwaspadai, apa lagi seorang wanita. Pasalnya dalam berkarir ada sejumlah keuangan yang tidak terasa menguras dompet. Uang nongkrong, uang makeup, pakaian, transportasi, hingga uang untuk dekati calon klien. Pasti ini bukanlah hal yang mudah. Nah, agar penghasilan tidak habis di tengah bulan, berikut ini adalah beberapa trik ringan mengelola keuangan.

Catat Semua Pengeluaran Bulanan

Disamping pengeluaran tak terduga, tentu saja ada pengeluaran pasti yang harus dikeluarkan setiap bulan. Coba ingat-ingat dan cek sekali lagi pengeluaran bulanan dari yang terkecil sampai yang terbesar, kemudian kelompokkan pengeluaran ini ke dalam beberapa kategori agar nanti mudah dibagi-bagi.

Langsung Buat Perencanaan Keuangan

Sudah terima gaji? Nah kini saatnya buat rencana keuangan. Setelah Anda membuat daftar pengeluaran, langsung kelompokkan list ini ke dalam beberapa kategori dan jumlahkan pengeluaran pasti setiap bulannya. Nah, sisihkan uang ini dan jangan diotak-atik agar pengeluaran tidak kacau balau. Alokasi dana untuk hobi yang menghabiskan uang, seperti main taruhan bola online, juga harus dibatasi dengan ketat.

Apa bila Anda adalah orang yang susah berkomitmen, bisa mencoba teknik mengelola uang pakai amplop.

Ambil beberapa amplop kemudian tulisakan kategorinya.  Setiap Anda akan membeli sesuatu, pastikan ambil dari amplop yang sesuai kategorinya. Ingat! Apa bila salah satu amplop habis uangnya, jangan pernah mengisinya lagi dan mengambil uang di amplop lain. Cara ini sangat ampuh untuk orang yang kurang berkomitmen.

Tabung dan Investasikan Sisa Uang

Masih ada sisa penghasilan? Nah, kini saatnya menabung dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk investasi. Agar lebih komitmen, cobalah tabungan berjangka. Sudah banyak bank yang menerapkan sistem ini dan berhasil. Untuk investasi, tidak perlu menaruh seluruh sisa uang untuk investasi, ambil sebagian dan investasikan ke beberapa hal. Misalnya emas, reksadana, deposito dsb. Sebenarnya, menabung uang kurang menguntungkan karena uang hanya didiamkan saja. Kalau Anda sibuk dan tidak sempat membuka usaha, investasi menjadi pilihan yang pas.

 

Coba Iseng-iseng Buka Usaha

Tidak punya waktu untuk buka usaha sampingan di luar kantor? Jangan khawatir. Anda bisa mengajak seorang partner untuk menjalankan usaha Anda. Jadikan diri Anda seorang investor kecil-kecilan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa membuat bisnis sampingan juga harus dengan perencanaan yang matang. Jangan sampai karena usaha kecil, uang jadi melayang karena bangkrut. Bila takut, Anda bisa mencoba usaha frenchise karena sistemnya sudah jelas dan terukur profit yang diharapkan. Selain itu, frenchise juga tidak mengharuskan pelaku usaha untuk memulai dari awal. Tinggal beli bahan bakunya, dan jalankan strategi marketingnya.

Batasi Waktu Hangout

Hangout memang perlu untuk menjaga hubungan dengan rekan kerja, bahkan klien. Akan tetapi, tidak semua hangout ini bermanfaat. Pastikan dulu apa tujuan Anda nongkrong bareng dengan teman. Ya, memang sesekali boleh, tapi harus dipastikan kalau setiap hangout menghasilkan input untuk perkembangan karir.

Di samping itu, jangan pernah sungkan untuk menolak ajakan teman bila tidak mau. Ini penting karena bisa menyelamatkan keuangan Anda di akhir bulan. Terkadang wanita paling sulit menolak ajakan teman untuk sekedar senang-senang sepulang kerja. Namun walau bagaimana pun, terlalu sering hangout bisa mengacaukan manajemen keuangan sehingga saat akhir bulan uang selalu hilang tidak jelas mau kemana.

Nah, itulah tips ringan mengelola keuangan bagi wanita karir. Menolak ajakan bersenang-senang itu sulit, tapi lebih sulit diterima kalau penghasilan selalu lenyap di akhir bulan tanpa tahu ke mana.

Spread the love