Karir

5 Cara Menjadi Wanita Karir yang Sukses di Usia Muda

Emansipasi wanita telah memberikan arti besar bagi wanita khususnya wanita Indonesia, Kita mengenal Ibu Kartini sebagai tokoh pelopor emansipasi wanita, berkat jasa para pelopor inilah wanita Indonesia bisa setara derajatnya dengan pria dalam bidang karir.

Wanita Indonesia itu hebat kita bisa mengapresiasikan kemampuan dalam berbagai bidang pekerjaan dan tak jarang wanita bisa mendapatkan posisi atas dalam karir yang ditekuni. Menjadi wanita karir yang sukses bukan perkara mudah karena belum banyak wanita yang tahu bagaimana caranya.

Kali ini sesuai dengan judulnya kita akan membahas mengenai cara menjadi wanita karir yang sukses di usia muda. Meskipun sebenarnya cara menjadi wanita karir yang sukses tidak bisa diukur dalam skala jabatan namun apa itu definisi sukses?

Sukses adalah sebuah pencapaian dari berbagai tindakan yang diupayakan dalam periode waktu yang spesifik. Wanita karir yang sukses yaitu mereka yang telah mencapai suatu tujuan dalam hal kerjaan dalam periode waktu tertentu misalnya seorang wanita yang memiliki tujuan untuk jadi General manajer di usia 21 tahun. Maka saat usianya 21 tahun dan dia sudah bisa menduduki jabatan tersebut wanita itu dikatakan sukses dalam karir.

Sukses berkarir bisa dalam segala hal seperti kekayaan, pendapatan, jabatan, punya banyak uang dan hal lainnya yang menjadi tujuan atau apa yang ingin dicapai. Memang tidak selalu tentang jabatan namun kerap dikaitkan memang dengan materi. Tidak perduli apa pekerjaannya semua orang berhak untuk bisa sukses.

Cara menjadi wanita karir yang sukses di usia muda

Percaya diri

Kebanyakan wanita memiliki krisis kepercayaan diri lebih besar dibandingkan pria, terutama untuk mereka yang masih junior di dalam bidang pekerjaannya. Ayo ubah sikap ini karena wanita yang sukses adalah mereka yang percaya akan kemampuan dirinya sendiri.

Kepercayaan diri ini akan membuat orang lain percaya juga sama apa kemampuan yang kamu miliki. Wanita yang percaya diri dipandang lebih tegas dan akan lebih disegani. So, yuk jadi percaya diri mulai dengan percaya pada diri sendiri.

Mengembangkan diri

Kunci sukses dalam karir adalah rasa tidak pernah puas akan apa yang sudah di capai, terus belajar untuk meningkatkan kemampuan diri adalah aksi nyatanya. Belajar, belajar, belajar dan belajar semakin kita belajar maka kita kita akan sadar masih banyak hal baru  yang belum bisa kita kerjakan. Terus belajar untuk mengembangkan diri kamu, jangan hanya diam di tempat dengan kemampuan pas-pasan.

 

Kreatif, proaktif dan cepat bertindak dengan perhitungan matang

Wanita sukses selalu menjadikan peluang yang ada untuk menjadikan dirinya lebih dan lebih lagi. Berpikir kreatif merupakan modalnya, sebuah ide harus di komunikasikan dan kamu yang sudah punya ide harus proaktif untuk menyampaikan gagasan yang dimiliki setelah itu cepat bertindak dengan pemikiran yang matang untuk eksekusinya.  

 

Kemampuan berkomunikasi

Komunikasi itu penting, tidak ada hal yang bisa kalian kerjakan bila kalian tidak bisa menjalin komunikasi dengan baik entah itu komunikasi dengan sesama rekan kerja, komunikasi dengan atasan, komunikasi dengan masyarakat dan komunikasi sehari-hari. Wanita karir yang memiliki tujuan untuk sukses dari awal sudah belajar bagaimana caranya membangun komunikasi yang baik dan menciptakan jaringan.

Bedakan masalah karir dengan masalah pribadi

Istilah sekarang “baper” atau bawa perasaan, sifat yang terkadang mencampurkan urusan kerjaan dengan masalah pribadi misalnya kamu tidak suka dengan si A karena dia mantan pacar kamu lantas kamu jadi tidak berhubungan baik dengan dia meskipun kalian satu tempat kerja, jelas itu akan mempengaruhi profesionalitas kerja kamu. Junjung tinggi sifat profesionalitas dalam bekerja tanpa melibatkan urusan pribadi di dalamnya fokus pada apa yang harus kamu kerjakan.

Spread the love